User Guide Consultant
Risk Analysis and Evaluation (Step 2) - Menambahkan Data Risk Analysis and Evaluation
Overview
Worksheet berfungsi menjadi alat yang berharga untuk mengidentifikasi, menganalisis, merencanakan tindak lanjut, dan memonitor risiko dengan lebih efektif. Worksheet merupakan salah satu fitur kunci dalam manajemen risiko. Worksheet ini berperan penting dalam membantu mengelola risiko dengan memberikan kemampuan untuk mencatat, menganalisis, dan mengambil tindakan terkait risiko. Sebelum user melakukan input Worksheet maka diwajibkan untuk melakukan pemilihan Context terlebih dahulu. Adapun jenis Context yang dapat dipilih yaitu General, Top Risk dan KPI (OMM). Urutan tahapan yang ada pada Worksheet yaitu:
- Risk Identification (Step 1),
- Risk Analysis and Evaluation (Step 2),
- Risk Treatment Plan (Step 3),
- Monitoring Treatment/Risk Mitigation (Step 4),
- Closing (Step 5)
Table of Contents
Step 1 :Menambahkan Data Risk Analysis and Evaluation
Setelah mengisi step 1 Risk Identification, maka dilanjutkan dengan mengisi step 2 Risk Analysis and Evaluation, dengan dua cara yaitu dapat dilakukan melalui klik button Edit pada Worksheet atau langsung melanjutkan setelah menyimpan step 1 sebagai berikut:



Berikut Keterangan dari masing masing Field yang dirangkum kedalam bentuk Table dibawah :
Untuk menyimpan data yang telah ditambahkan pada form Inherent Risk dan Existing Control, maka klik button Save Data dengan catatan Field yang bertanda * wajib diisi.
Step 2 :Menambahkan Residual Risk
Untuk menambahkan residual Risk pada Quarter Period yang dipilih dapat klik ikon Edit Dengan catatan sebelum klik ikon Edit, klik button Save Changes terlebih dahulu di tahap 2. Untuk menambahkan Nilai Residual Risk dapat dilakukan dengan cara memilih quarter period sesuai dengan data yang ada, lalu klik tombol Edit pada kolom action. Kemudian akan muncul form isian untuk data yang akan ditambah seperti berikut:

Berikut Keterangan dari masing masing Field yang dirangkum kedalam bentuk Table dibawah :
Catatan: Pada form isian kertas kerja pada Risk Register, user diwajibkan untuk mengisi semua Field yang terdapat icon mandatory (*).
Setelah menginputkan Residual Risk maka klik button Submit
Step 3 :Menambahkan Residual Risk untuk Periode Berikutnya
Jika Risk Officer atau Risk Owner ingin menambahkan data Residual Risk untuk tahun selanjutnya, dapat klik button Kemudian akan muncul pop up konfirmasi untuk penambahan data sebagai berikut:

Klik button Yes! Untuk menambahkan data quarter periode atau klik Cancel untuk membatalkan proses tersebut. Berikut tampilan data tabel Residual Risk ketika Add Periode:

Berikut Keterangan dari masing masing Status yang dirangkum kedalam bentuk Table dibawah :
Apa Selanjutnya?
Risk Identification (Step 1)
Fase 3 Develop & Implement
Risk Treatment (Step 3)
Fase 3 Develop & Implement